Kiat untuk Memotret Video Seperti Videografer Profesional

Baik Anda bercita-cita menjadi videografer media atau hanya ingin tahu cara merekam video yang terlihat profesional, Anda membutuhkan lebih dari sekadar peralatan yang bagus. Menguasai beberapa tip video dasar akan mengurangi frustrasi banyak pengalaman videografer. Tak lama, trik standar akan menjadi sangat rutin sehingga Anda akan dapat berkonsentrasi pada kreativitas dan bukan hanya dasar-dasarnya.

Tembak Video Stabil
Tripod adalah jawaban yang mudah untuk menghasilkan video yang stabil, tetapi jangan bergantung padanya. Anda dapat merekam video secara stabil tanpa menyeret banyak peralatan.

Posisikan tubuh Anda sehingga setiap napas yang Anda ambil tidak mengarah pada gerakan kamera yang tidak diinginkan. Gunakan tanah, dinding, atau objek lain untuk menguatkan kamera dan mendapatkan perspektif visual yang menarik. Dengan mencelupkan tripod, Anda dapat bergerak di sekitar pemandangan tanpa berlabuh di satu tempat.

Menghasilkan Bidikan Kreatif
Memproduksi video yang menarik melibatkan mempelajari teknik pemotretan kreatif. Anda tidak ingin video Anda terlihat seolah-olah itu berasal dari kamera pengintai.

Seorang pemula cenderung untuk menembak segala sesuatu dari sudut ruangan atau menjauh dari aksi. Dengan menempatkan diri Anda di tengah-tengah apa yang terjadi, Anda akan mendapatkan gambar yang tidak mungkin dari kejauhan. Percobaan dengan sudut yang berbeda dengan memotret di atas dan di bawah subjek Anda.

Berlatih Video Layar Lebar
Video cenderung menuju format layar lebar, seperti rasio 16×9. Pikirkan bagaimana Anda dapat membuat ruang visual ekstra ini bekerja untuk Anda.

Anda dapat menangkap lebih banyak konten dalam satu bidikan, tetapi ingat bahwa video layar lebar tidak berarti memotret semua bidikan lebar. Televisi masih merupakan media yang intim. Tampilan wajah yang dekat akan menunjukkan lebih banyak emosi daripada tembakan sekelompok orang.

Hindari Zoom dan Panci yang Tidak Perlu
Mengambil camcorder untuk pertama kalinya memiliki hampir semua orang yang ingin menekan tombol zoom pada setiap pemotretan saat menggeser cakrawala. Hasilnya dapat membuat pemirsa mabuk laut.

Jika Anda merekam adegan aksi, biarkan gerakan yang terjadi secara alami mendominasi video Anda. Hentikan diri Anda dari menambahkan pembesaran dan wajan acak, yang mengalihkan perhatian dari tindakan.

Pastikan ada alasan Anda melakukan zoom atau panning. Di sebuah acara olahraga, videografer profesional mengikuti aksi dengan mengikuti bola. Itulah motivasi di balik memiringkan kamera ketika seorang pemain bisbol memukul bola lalat atau panning selama bermain ganda.

Dapatkan Hasil Yang Baik Saat Memotret Di Luar Ruangan
Anda akan berpikir bahwa videografi luar ruang akan sederhana karena matahari menyediakan pencahayaan, tetapi untuk mendapatkan hasil luar ruangan yang terbaik, Anda harus memperhatikan posisi matahari dengan cermat.

Bidik dengan matahari di belakang Anda. Jika Anda merekam orang, mereka mungkin mengeluh tentang melihat langsung ke sinar matahari, tetapi memberi tahu mereka bahwa foto yang Anda dapatkan akan jauh lebih baik daripada jika Anda menembak ke matahari. Itu akan menempatkan wajah mereka dalam siluet.

Bersiap untuk Pemotretan Video Dalam Ruangan
Mengabaikan pencahayaan saat memotret di dalam ruangan dapat membuat video Anda terlihat gelap. Karena itulah pemotretan dalam ruangan membutuhkan persiapan tambahan.

Menambahkan lampu sangat ideal. Jika tidak memungkinkan, periksa sumber pencahayaan yang tersedia. Jika Anda merekam video orang, dapatkan cahaya sebanyak mungkin di wajah mereka. Tapi jangan tertipu oleh lampu overhead. Meskipun mereka mungkin cerah, mereka hanya menyalakan bagian atas kepala orang, membuat wajah mereka tidak jelas.

Atur Posisi Lampu untuk Tampilan yang Anda Inginkan
Menggunakan lampu televisi akan membuat video Anda terlihat lebih tajam. Tapi pencahayaan yang baik melibatkan lebih dari peledakan subjek Anda dengan watt sebanyak yang Anda bisa temukan.

Mengetahui di mana posisi lampu membuat semua perbedaan dalam mendapatkan efek alami dibandingkan membuat orang terlihat seolah-olah mereka akan menjalani operasi.

Selain pengaturan 3-lampu standar — satu langsung pada subjek, ditambah lampu latar dan lampu isi — percobaan untuk mendapatkan efek dramatis. Matikan semua lampu di ruangan dan gunakan hanya peralatan Anda untuk menyoroti apa yang Anda inginkan.

Menulis Wawancara Kreatif
Pada titik tertentu, Anda ingin merekam video seseorang yang berbicara ke kamera. Ini bisa berupa wawancara berita duduk atau hanya percakapan dengan seseorang di jalan. Rencanakan pemotretan wawancara untuk memberikan hasil profesional.

Pertimbangkan latar belakangnya. Jika Anda berbicara dengan seseorang tentang lalu lintas di lingkungan mereka, perlihatkan mobil di kejauhan. Jika Anda mewawancarai seorang ayah tentang hari kelahiran anaknya, tempatkan dia di lingkungan yang nyaman, seperti di dekat perapian.

Kemudian putuskan seberapa ketat Anda ingin memotret wawancara. Ada tampilan kepala-dan-bahu standar, tetapi Anda mungkin ingin mewawancarai seorang petani di traktornya dengan sebagian besar traktor di tempat pengambilan gambar. Wawancara yang sangat emosional harus dilakukan dengan ketat agar Anda dapat melihat ke mata orang tersebut.

Ingatlah untuk Mengambil Suara yang Baik
Saat merekam video yang menarik, jangan lupa bahwa audio yang baik adalah suatu keharusan. Kalau tidak, video Anda mungkin menjadi tidak berguna.

Dua kesalahan paling umum adalah lupa merekam audio dan gagal memantau suara yang Anda dapatkan. Lupa merekam audio berarti pesta ulang tahun anak tidak terdengar. Anda mungkin dapat melihat anak-anak lain bernyanyi dan tertawa, tetapi tanpa mendengarnya, videonya hancur.

Memantau suara membantu Anda menghindari rekaman audio yang tidak diinginkan. Itu bisa terjadi ketika Anda mewawancarai seseorang dan tidak menyadari bahwa Anda berdiri di dekat AC yang keras. Ketika Anda menonton video nanti, yang Anda dengar hanyalah dengung unit A / C, yang meredam apa yang dikatakan orang tersebut.

Tambahkan Layar Hijau untuk Menghasilkan Efek Khusus
Menggunakan layar hijau chromakey memberi Anda banyak pilihan. Ini adalah alat yang sama yang digunakan stasiun TV untuk menyajikan cuaca. Seorang ahli meteorologi berdiri di depan layar hijau, yang memungkinkan peta cuaca ditumpangkan di belakangnya.

Anda dapat menembak seseorang yang mengingat kelulusan SMA-nya sementara video kelulusan diputar di belakangnya. Ini cara mudah untuk menggabungkan dua sumber video menjadi satu bidikan.

Tinggalkan Balasan